Welcome to my blog.. keep the information you need here about the specifications of the cellphone may be useful ..

PENGERTIAN KOMUNIKASI DATA DAN PERALATAN KOMUNIKASI DATA

Memahami Ragam Aplikasi Komunikasi Data
  • Pengertian Komunikasi Data
          Komunikasi Data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih alat yang terhubung dalam sebuah jaringan.
  • Komponen-komponen Komunikasi Data:
        - Pengirim : Piranti atau perangkat yang mengirimkan
        - Penerima : Piranti atau perangkat yang menerima
        - Data : Bahan/informasi yang dipindahkan atau dikirimkan
        - Media Pengiriman : Media yang digunakan untuk mengirimkan data
        - Protokol : Aturan yang menyesuaikan atau menyelaraskan hubungan
  • Komunikasi dibagi menjadi 3 bagian, meliputi:
  1. Komunikasi Audio
  2. Komunikasi Video
  3. Komunikasi Audio Video
  • Pengertian Komunikasi Audio
          Komunikasi Audio adalah bentuk komunikasi yang dilakukan dan terjadi melalui media audio atau suara.
  • Contoh Komunikasi Audio:
  1. Telepon
  2. Radio


Keuntungan Komunikasi Audio:
  1. Harga murah dan variasi program lebih banyak
  2. Sifatmya mudah untuk dipindahkan
  3. Dapat digunakan bersama-sama dengan alat perekam radio
  4. Dapat merangsang partisifasi aktif pendengaran
Kelemahan Komunikasi Audio:
  1. Memerlukan suatu pemusatan pengertian pada suatu pengalaman yang tetap dan tertentu, sehingga pengertiannya harus didapat dengan cara belajar yang khusus.
  2. Media Audio yang menampilkan simbol digit dan analog dalam bentuk auditif adalah abstrak sehingga pada hal-hal tertentu memerlukan bantuan pengalaman visual.
  3. Karena abstrak, tingkatan pengertiannya hanya bisa dikontrolmelalui tingkatan penguasaan perbendaharaan atau kata-kata atau bahasa saja.
  4. Media ini hanya dapat melayani orang yang mempunyai kemampuan berfikir abstrak.
  5. Penampilan melalui ungkapan perasaan atau simbol analog lainnya dalam bentuk suara harus disertai dengan perbendaharaan pengalaman analog tersebut pada si penerima.
  • Pengertian Komunikasi Video
          Komunikasi Video adalah bentuk komunikasi yang dilakukan dan terjadi melalui video atau visual.
  • Contoh Komunikasi Video:
  1. Televisi
Keuntungan Komunikasi Video:


  1. Dapat digunakan untuk menyampaikan informasi tanpa harus bertemu penerima.
  2. Dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain tanpa mengenal waktu
  3. Dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
Kelemahan Komunikasi Video:

  1. Sebagaimana media audio-visual yang lain, video juga terlalu menekankan pentingnya materi ketimbang proses pengembangan materi tersebut;
  2. Pemanfaatan media ini juga terkesan memakan biaya tidak murah
  3. Penanyangannya juga terkait peralatan lainnya seperi videoplayer, layar bagi kelas besar beserta LCDnya, dan lain-lain.

  • Pengertian Komunikasi Audio Video
          Komunikasi Audio Video atau Komunikasi Audio Visual adalah dapat berkomunikasi secara Real-time yang datanya dapat berupa Audio dan Visual.
  • Contoh Komunikasi Audio Video:
          Whatsapp, Skype, Google Duo.
Whatsapp Video Call

Keunggulan Komunikasi Audio Video: 
  • Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata, tertulis atau lisan belaka)
  • Mengatasi perbatasan ruang, waktu dan daya indera.
Kelemahan Komunikasi Audio Video : 

  • Terlalu menekankan pentingnya materi ketimbang proses pengembangannya dan tetap memandang materi audio-visual sebagai alat Bantu guru dalam mengajar.
  • Terlalu menekankan pada penguasaan materi dari pada proses pengembangannya dan tetap memandang materi audio visual sebagai alat Bantu guru dalam proses pembelajaran. Media yang beoriantsi pada guru sebernarnya
  • Media audio visual cenderung menggunakan model komunikasi satu arah.
  • Media audio-visual tidak dapat digunakan di mana saja dan kapan saja, karena media audio-visual cenderung tetap di tempat.
FUNGSI DAN TUJUAN KOMUNIKASI DATA:
  1. Efisiensi pengiriman data dlm jmlh besar (tanpa kesalahan dan ekonomis)
  2. Memungkinkan penggunaan sistem komputer & peralatan pendukungnya dr jauh (remote computer use)
  3. Sistem komunikasi data memungkinkan orang dan bisnis yang mempunyai lokasi geografi berlainan dapat saling berkomunikasi.
  4. Mendukung manajemen dlm hal kontrol krn memungkinkan penggunaan sistem komputer secara terpusat maupun tersebar
  5. Memungkinkan kemungkinan pengelolaan data dan pengaturan data yg ada dlm berbagai macam sistem komputer
  6. Mengurangi waktu untuk pengolahan data
  7. Mendapat data langsung dari sumbernya atau memperoleh data bisnis selagi data tersebutdibuat (online)
  8. Mempercepat penyebaran informasi

 PERANGKAT – PERANGKAT JARINGAN KOMUNIKASI PADA KOMPUTER

  • Konsentrator
Perangkat ini merupakan tulang punggung utama suatu jaringan komputer yang banyak digunakan saat ini, khususnya bila topologi yang digunakan adalah star. Sesuai namanya, konsentrator digunakan untuk memusatkan akses seluruh node baik berupa client (PC, laptop, PDA UMPC, dsb), gateway-router maupun server yang terhubung ke jaringan.
  • Hub
Secara sederhana, Hub merupakan konsentrator yang bersifat statis dan membagi akses jaringan secara merata kepada seluruh node yang terhubung, tanpa mempedulikan apakah node tersebut aktif atau tidak.
  • Switch
Secara fisik, nyaris tidak ada perbedaan bentuk yang signifikan antara Hub dengan Switch. Namun Switch memiliki keunggulan yang menyebabkan para administrator jaringan memilih untuk meninggalkan Hub, meskipun harga Switch saat ini masih sedikit lebih mahal. Switch mampu membagi akses jaringan hanya kepada node yang aktif, sehingga bila node yang aktif sedikit, akses jaringan lebih cepat
  • WAP (Wireless Access Point)
WAP merupakan perangkat yang mengijinkan perangkat nirkabel (wireless) untuk terhubung ke jaringan komputer menggunakan standar WiFi maupun standar lain yang sesuai. WAP biasanya menyebarkan akses dari koneksi jaringan kabel. Perangkat yang ingin terhubung pada jaringan yang disebarkan oleh WAP harus memiliki WiFi-adaptor. Cakupan wilayah penyebaran akses WAP biasa dikenal dengan istilah hot - spot
  • Transmitter / Receiver
Seperti telah dijelaskan di atas, transmitter dan receiver bekerja secara simultan pada satu perangkat. Saat ini terdapat berbagai macam perangkat transmitter dan receiver, seperti LAN-card, modem maupun WLAN-adaptor
  • LAN Card
Pada jaringan berskala local (LAN) data komputer ditransmisikan melalui media transmisi dan diterima kembali di komputer penerima melewati sebuah LAN-card atau disebut juga Network Interface Card (NIC) atau Ethernet-card. Pada komputer, LAN-card biasa dipasang pada salah satu slot ekspansi pada motherboard komputer. Pada NIC terdapat konektor yang berfungsi untuk memasang kabel komunikasi yang terhubung dalam jaringan
  • Modem
Modem berfungsi untuk mengirim dan menerima sinyal – sinyal data pada komputer yang terhubung pada jaringan luas secara langsung.

Perangkat Jaringan Telepon

Perangkat jaringan komputer adalah Jaringan yang saling terhubung antar Telepon menggunakan jaringan radio atau lainnnya. Biasanya jaringan telepon digunakan untuk saling telepon suara bahkan video.
          Berikut adalah perangkat perangkat yang digunakan jaringan telepon :

  • Base Transceiver Station (BTS)
Base Transceiver Station atau yang biasa disingkat atau kita kenal BTS adalah sebuah piranti yang menghubungkan antara perangkat komunikasi yang biasa kita sebut handphone dengan jaringan operator.
  • Base Station Controller (BSC)
Mobile Switching Center disingkat MSC adalah merupakan titik penyampaian atau penyambungan utama untuk teknologi GSM, bertanggung jawab untuk menghandle beberapa panggilan suara dan SMS sebaik mungkin dengan layanan – layanan yang lain (seperti conference calls, FAX dan circuit switched data). MSC membangun dan merealisasikan hubungan end-to-end , mengatur pergerakan pengguna and permintaan handover selama panggilan berlangsung dan melakukan penghitungan dari biaya dan juga monitorig dari pencatatan penggunaan layanan.
  •  Mobile Switching Center (MSC)
Mobile Switching Center disingkat MSC adalah merupakan titik penyampaian atau penyambungan utama untuk teknologi GSM, bertanggung jawab untuk menghandle beberapa panggilan suara dan SMS sebaik mungkin dengan layanan – layanan yang lain (seperti conference calls, FAX dan circuit switched data). MSC membangun dan merealisasikan hubungan end-to-end , mengatur pergerakan pengguna and permintaan handover selama panggilan berlangsung dan melakukan penghitungan dari biaya dan juga monitorig dari pencatatan penggunaan layanan.
  • Short Message Service Center (SMSC)
Short Message Service Center  adalah kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak yang bertanggung jawab memperkuat, menyimpan dan meneruskan pesan pendek antara SMS dan piranti bergerak. SMSC harus memiliki kehandalan , kapasitas pelanggan, dan throughput pesan yang tinggi. Selain itu, SMS juga harus dapat diskalakan dengan mudah untuk mengakomodasikan peningkatan permintaan SMS dalam jaringan yang ada. SMSC mentransfer pesan dalam format Point to point pada sistem yang melayani.
Share:

No comments:

Post a Comment

Recent Posts

3/recent/post-list

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.